Selasa, 07 Juni 2011

Stasiun Depok Baru (1)

Kajian Tentang Pola Sirkulasi Pencapaian Stasiun Depok Baru

Latar Belakang

Dengan beragamnya aktifitas kegiatan yang terjadi pada sebuah stasiun kereta pada saat ini, maka aktifitas yang terjadi semakin meningkat dan kompleks, menjadikan keberadaan sebuah stasiun kereta bukan hanya terbatas sebagai tempat menunggu ataupun menaikan dan menurunkan penumpang saja.

Stasiun Depok Baru diharapkan dapat menjadi bagian pendukung dari perkembangan Kota Depok, sebagai sebuah stasiun yang dapat memfasilitasi kebutuhan masyarakat, dengan fasilitas ruang dan pola sirkulasi yang baik sehingga dapat meningkatkan mobilitas pada lingkungan stasiun.


Pertanyaan Penelitian :

Mengapa sirkulasi pencapaian Stasiun Depok Baru tidak teratur ?


Perumusan Masalah :

1.Jenis pola sirkulasi pencapaian Stasiun Depok Baru?

2.Apa penyebab ketidakteraturan sirkulasi pencapaain Stasiun Depok Baru?
3.Perilaku yang muncul terhadap sirkulasi yang ada?

Landasan Teori

Transportasi_Paul Mess (1995)

Transportasi juga berperan sebagai akses bagi semua penduduk karena masih banyak orang tidak memiliki kendaraan pribadi.


Stasiun_UU 23 tahun 2007 pasal 35

Stasiun berfungsi sebagai tempat kereta api berangkat atau berhenti untuk melayani :

a.Naik turun penumpang
b.Bongkar muat barang
c.Keperluan operasi kereta api

Pencapaian

Pencapaian bangunan adalah suatu proses perjalanan menuju suatu bangunan melalui akses jalan yang disediakan atau sudah ada.

1.Pencapaian secara langsung
2.Pencapaian secara oblique
3.Pencapaian secara spiral

Sirkulasi

Sirkulasi adalah pergerakan baik orang, barang maupun kendaraan dari satu tempat ke tempat lain.

1.Sirkulasi manusia
2.Sirkulasi kendaraan
3.Sistem parkir

Perilaku Arsitektur

Perilaku arsitektur adalah semua tindakan atau kegiatan yang berhubungan dengan arsitektural atau respon manusia terhadap segala hal bentuk arsitektural

Tidak ada komentar:

Posting Komentar